Rumah Korban Banjir Dibantu Rp5 Juta–Rp10 Juta

PALEMBANG (SI) – Pemprov Sumsel melalui Dinas Sosial (Dinsos) Sumsel memberikan bantuan Rp5 juta–Rp10 juta kepada korban banjir dalam bentuk bahan bangunan.

Bantuan ini dimaksudkan untuk meringankan beban warga korban banjir. “Memang beberapa waktu lalu kita sudah memberikan bantuan kepada korban banjir berupa bahan makanan. Tetapi, karena banyak rumah warga yang rusak karena banjir, kita juga akan memberikan bantuan bahan bangunan. Bantuan tersebut berkisar antara Rp5–Rp10 juta, tergantung kerusakan yang terjadi,” kata Kepala Dinsos Sumsel Hj Ratnawati kemarin. Dia mengatakan, ada beberapa titik banjir yang paling besar melanda Sumsel, seperti yang terjadi di Musirawas dan Ogan Komering Ilir. Tetapi, saat ini ketinggian air sudah mulai surut. Untuk itu, saat ini masing-masing daerah sedang mendata rumahrumah yang rusak akibat terendam banjir agar dapat diberikan bantuan.

“Bagi warga korban banjir yang rumahnya mengalami kerusakan berat, akan diupayakan bantuan rehabilitasi Rp5 juta– Rp10 juta dari pemerintah. Bantuan yang akan diberikan bukan untuk bangunan baru, tetapi hanya sebagai renovasi dan penggantian kayu yang rusak dan lain-lain,”katanya. Untuk bantuan itu,lanjut Ratnawati, Dinkesos akan mengusulkan ke Depsos di Jakarta agar bantuan dampak bencana bisa diberikan ke Sumsel sehingga dapat membantu rumah warga yang rusak.“Kriteria rusak itu ada ciricirinya. Artinya, tidak semua rumah dibantu. Sehingga harus didata terlebih dahulu agar bantuan yang ada dapat tersalur dengan benar,”katanya.

Ratnawati menjelaskan, mengacu arahan Gubernur Sumsel, masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Musi dan sungai besar lainnya di Sumsel diharapkan untuk tetap mempertahankan model rumah panggung. Sebab, sudah terbukti rumah panggung yang dibangun ternyata aman dan bebas banjir.Untuk itu, nantinya bantuan akan dalam bentuk rumah panggung. Sementara itu, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengungkapkan, musibah banjir yang merendam 10 kabupaten/kota di Sumsel sejak tiga pekan terakhir telah merusak 4.328 lebih rumah warga.

Untuk membantu rehabilitasi rumah yang rusak, pihaknya akan melakukan perbaikan dengan memberikan bantuan sebesar Rp5 juta–Rp10 juta untuk tiaptiap rumah. Namun, jumlah tersebut tergantung kerusakan rumah yang ada. (yayan darwansah)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: