Menteri ESDM Resmikan Gas Kota

JAKARTA(SI) – Pemanfaatan gas kota untuk Palembang dan Surabaya secara langsung diresmikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Sahedy Saleh.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri juga meluncurkan persiapan pemasangan gas kota untuk sejumlah daerah di tanah air,termasuk Muaraenim dan Prabumulih, di Jakarta,Kamis (18/3). Sementara itu, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dan Wali Kota Palembang H Eddy Santana Putra mengusulkan penambahan sambungan rumah tangga (SR) di Kota Palembang dan beberapa daerah di Sumsel.

Hal ini agar pemanfaatan saluran gas untuk kota tersebut dapat lebih banyak dirasakan semua lapisan masyarakat. ”Peresmian gas kota di Pa-lembang dan Surabaya merupakan program prioritas 2009 yang diresmikan pada 2010. Pasalnya, pemanfaatan gas Kota di Palembang dan Surabaya ini telah menjadi impian semua masyarakat.

Kemudian, program ini akan dilaksanakan pula untuk beberapa kota lain di Tanah Air. Terutama, daerah yang dekat dengan mulut tambang,” kata Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh dalam acara perimpian pemanfaatan gas kota di Gedung Kementerian ESDM Jakarta, Kamis (18/3). Menurut dia, untuk penambahan saluran gas bagi daerah sebagaimana usulan Gubernur Sumsel dan Wali Kota Palembang, pihaknya akan melakukan pembahasan.

Dengan adanya penambahan saluran gas tersebut, harus dipenuhi berbagai prosedur, yakni tingkat kepadatan masyarakat yang membutuhkan. Dirjen Migas Evita Legowo menambahkan, program pemasangan gas kota untuk 2010 terdapat di beberapa daerah. Seperti Lampung, Tarakan, dan Depok, Bekasi. Untuk itu, pihaknya berharap ada kerja sama setiap daerah agar pemasangan pipa untuk kota ini dapat berjalan baik.

“Pada 2010, seluruh rusun di Jabodetabek menjadi prioritas pemerintah untuk pemasangan gas selain beberapa kota lain. Untuk itu, kita mengharapkan kerja sama pemerintah daerah, karena program diversifikasi ini untuk mengalihkan pemanfaatan minyak tanah ke gas.Yang mana program ini akan berlangsung hingga 2025,”bebernya. Sementara itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, Sumsel memiliki sumber daya energi yang melimpah.

Negara Singapura bisa terang benderang berasal dari gas Sumsel.Hong Kong bisa terang benderang karena gas Sumsel. Untuk itu, pihaknya berharap agar penambahan gas untuk Sumsel ini terus ditambah. “Kita berharap ke depan ada penambahan masyarakat Sumsel yang menerima program gas kota ini. Apalagi untuk penambahan tersebut sangat mendukung yakni Sumsel berada di daerah mulut tambang sehingga memungkinkan untuk dilakukan penambahan,” kata Alex.

Wali Kota Palembang H Eddy Santana Putra mengungkapkan, gas kota di Palembang sudah dimulai dari gas PGN sejak 10 tahun lalu. Dengan penggunaan gas ini, terbukti gas kota lebih murah dari minyak tanah.Karena itu,penambahan gas kota lewat program ESDM juga dibutuhkan untuk meringankan beban masyarakat.

“Kita bersyukur karena pemerintah mulai memikirkan masyarakatnya. Selama ini gas kita banyak yang lari keluar. Kami sudah usulkan agar ada penambahan gas kota di Palembang. Apalagi, saat ini masih banyak daerah di Palembang dan sekitarnya membutuhkan gas untuk kebutuhan sehari-hari. Terlebih, langkanya minyak ditambah tingginya harga membuat penambahan saluran gas adalah solusi yang tepat,”beber Eddy. (yayan darwansah/rel)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: