Sekwan Akhirnya Resmi Dicopot

PALEMBANG (SI) – Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H Sofyan Machmud akhirnya dicopot.

Pencopotan Sofyan merupakan keputusan rapat antara Gubenur Sumsel H Alex Noerdin, Pimpinan Dewan,Komisi I DPRD Sumsel dan Sekwan, di Palembang kemarin. Sementara 28 staf sekretariat Dewan yang sempat mogok kerja untuk sementara waktu akan dikembalikan ke kedudukannya seperti sediakala. “Sekwan resmi ditarik dari kantor sekertariat Dewan.Tugas Sekwan diganti pelaksana tugas dengan staf senior dari Setwan.Semua staf akan dikembalikan ke posisi masing masing.Mereka juga sudah ada nada penyesalan karena ada intimidasi dari Sekwan. Mereka minta maaf atas kekhilafan karena mambuat peryataan pengunduran diri,” tegas Wakil Ketua DPRD Sumsel HA Djauhari,kemarin.

Menurut Djauhari, selama sepekan ke depan, tugas Sekwan akan diambilalih pelaksaa tugas (Plt) yang ditunjuk dari staf Sekertariat DPRD Sumsel yang paling senior dan memiliki kedudukan kepangkatan tertinggi di Setwan. Selain itu,semua fasilitas dinas yang digunakan Sekwan harus ditarik. Sekwan defenitif paling lambat akan ditunjuk Gubernur Sumsel pekan depan. Djauhari berharap operasional Dewan tak terganggu dan tetap berjalan dengan adanya pergantian tersebut. Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Sumsel Erza Saladdin mengatakan, pertemuan kemarin hanyalah perpisahan antara Sekwan,staf dan karyawannnya.Erza juga membenarkanjikaSekwanresmidiberhentikan dari jabatannnya oleh Gubernur Sumsel.

Untuk sementara posisi Sekwan akan digantikan oleh Plt,sampai ditunjuknya Sekwan defenitif.“PalingtidakpekandepansudahadaSekwan baru yang defenitif,”katanya. Informasi yang di himpun Seputar Indonesia,setidaknya ada tiga nama Sekwan yang sudah disiapkan. YakniStafDishubSumselSyarif Alie, Mantan Sekwan Muba Ratudin,dan Mantan Sekwan Sumsel Mulyanto. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumsel Muzakir membenarkan pencopotan Sekwan Sofyan Machmud.Menurut dia pencopotan Sekwan tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumsel H Alex Noerdin yang segera dikeluarkan.

Kemudian,SK Gubernur tersebut juga akan menunjuk Plt Sekwan dengan pejabat senior yang ada di Sekretariat DPRD Provinsi Sumsel. “Berdasarkan hasil rapat yang dilakukan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dengan kalangan DPRD, gubenur langsung merespons pergantian Sekwan terhitung hari ini (kemarin).Kendati belum disebutkan siapa penggantinya, Alex sepertinya akan menujuk pegawai senior di lingkungan DPRD sebagai pelaksana tugas sementara, sampai ada pejabat permanen,” ujar Muzakir seusai rapat di kantor Gubernur,kemarin. Sedang bagi 28 pegawai sekretariat yang semula hendak mengundurkan diri,tetap diminta Gubernur menjalankan tugas seperti biasa.

“Permasalahan mogok kerja dan permohonan pengunduran diri para pegawai sekretariat DPRD Sumsel berikut Sekwan Sofyan Machmud sudah selesai. Para pegawai sekretariat diminta tetap bekerja dan tidak diperbolehkan mogokbekerja.Olehkarenaitu,kita lakukan evaluasi,pimpinan Dewan akan menilai mengapa terjadi seperti itu. Kalau mereka ingin mengundurkan diri itu hak mereka, tapi kewenangan tetap ada pada Gubernur,”katanya. (CR-01/yayan darwansah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: