Depag Lakukan Pembinaan Mualaf

PALEMBANG (SI) – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumsel bekerja sama dengan PT Pusri melakukan pembinaan 25 mualaf untuk mengenalkan agama Islam.

Pembinaan bertujuan agar para mualaf yang sudah memeluk Islam tidak kembali ke agamanya yang lama. ”Saat ini ada sekitar 25 mualaf yang baru memeluk Islam. Pembinaan ini kita lakukan atas kerja sama dengan Yayasan Amil Zakat PT Pusri (Yazri),” ujar Kakanwil Kemenag Sumsel H Najib Haitami saat pembinaan di Aula Kemenag Sumsel kemarin.

Najib mengungkapkan, pembinaan akan dilakukan rutin setiap bulan sehingga dapat memberikan pengetahuan kepada para mualaf tentang aturan dan kewajiban sebagai umat Islam.”Apalagi, tidak mudah untuk membiasakan seorang mualaf melakukan salat seperti halnya orang muslim. Namun, jika sudah yakin memeluk Islam, biasanya mereka lebih taat,”tuturnya. Ketua Yazri Hadianto mengatakan, program bantuan yang diberikan pihaknya terdiri atas berbagai macam, mulai kegiatan sosial, bantuan sekolah, hingga berobat.

”Pembinaan mualaf bekerja sama dengan Kemenag, kita realisasikan mulai tahun ini dan rutin dilakukan setiap bulan. Kita berharap sebanyak-banyaknya mualaf akan dibina supaya lebih memahami Islam, terutama Alquran. Tapi,di luar kerja sama dengan Kemenag ini, kita sudah lama membina mualaf,”ujar dia. Supandi,mualaf warga Perumnas, mengaku tertarik memeluk Islam sejak 1984 dan mulai mempelajarinya. Namun, dia baru menyatakan masuk Islam pada 1989 di Kabupaten OKI.

”Saya memeluk agama Islam karena hidayah Allah. Sebelumnya saya sering bergaul dengan dunia malam.Tetapi,pada suatu malam,saya pulang ke rumah dan mendengar orang mengaji di televisi.Waktu mendengar itu,saya tersentuh sehingga saya berketetapan hati memeluk Islam hingga sekarang ini,”ujarnya.

Awalnya,Supandi merasa berat menjalani ibadah dalam ajaran Islam.Namun, lama-kelamaan dia terbiasa dan mulai tenang menjalani kehidupan.”Selama ini saya belum pernah mendapatkan pembinaan seperti ini,tapi kalau hadir di pengajian sering,”ujarnya. (yayan darwansah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: