Dugaan Mark Up Festival Bunga Dilaporkan ke KPK

JAKARTA (SI) – Dugaan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam resmi dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh Liga Masyarakat Antigratifikasi (Limag) beberapa waktu lalu.

Laporan bernomor 2010-03-000382 ini telah dilaporkan pada 22 Maret 2010,dengan materi laporan dugaan pemotongan anggaran proyek APBD Kota Pagaralam dan dugaan penyimpangan dana festival bunga 2009.

Koordinator Limag Indra CH di Jakarta mengaku, pihaknya telah menerima tanda terima laporan dari KPK terkait laporan tersebut. Untuk itu, dia berharap lembaga antikorupsi tersebut dapat menindaklanjuti dan menuntaskan dugaan korupsi yang berpotensi menimbulkan kerugian negara hingga puluhan miliar rupiah.

“Banyak sekali dugaan,bahkan dalam festival bunga dengan dana sekitar Rp2,4 miliar diduga telah diselewengkan. Di mana disebutkan dalam anggaran pembelian bunga di Jawa Barat, padahal tidak ada sama sekali pembelian bunga itu. Malah, petani yang disuruh menanam bunga,”ujarnya kemarin.

Dugaan lainnya yakni pemotongan anggaran beberapa persen yang kemudian diserahkan kepada wali kota. Selain itu, beberapa rekanan pemenang tender proyek diduga merupakan pemenang arahan yang merupakan kerabat wali kota.“Jadi ada indikasi, beberapa persen anggaran proyek itu dipangkas sekian persen dan disetorkan kepada wali kota. Ini kan tidak benar,” sebutnya.

Menurut Indra, lembaga penegak hukum harus dapat mengusut tuntas dugaan penyelewengan di tubuh Pemkot Pagaralam. Pasalnya, telah banyak sekali dugaan korupsi yang terangkat, meskipun belum semuanya tuntas, seperti dugaan korupsi pembangunan hotel Gunung Gare, dugaan korupsi dana alokasi khusus (DAK) SD tahun 2009.

Sementara itu,Kepala Bagian Keungan Sekda Kota Pagaralam Haryanto mengaku tidak dapat memberikan komentar seputar laporan ini. Dia hanya dapat menyebutkan total anggaran yang disiapkan dan dikeluarkan.“Saya tidak tahu harus berkomentar apa,” ujarnya saat dihubungi via telepon,Senin (29/3). (berli z/m marzuki)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: