Gaji 1.400 Honorer Dibayar Pekan Depan

PALEMBANG (SI) – Gaji 1.400 honorer di lingkungan Pemprov Sumsel bakal dibayar pekan depan. Saat ini semua data honorer yang ada, baik honorer database maupun nondatabase di setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) sudah masuk ke Biro Kuangan.

Dengan demikian, tidak ada kendala lagi untuk pembayaran gaji pegawai selama empat bulan tersebut. “Pembayaran gaji tenaga honorer di lingkungan Pemprov Sumsel segera direalisasikan.Kemungkinan pekan depan sudah dapat dilakukan. Sebab, semua data sudah dimasukkan ke Biro Keuangan dan sedang diproses,” ujar Asisten IV Bidang Administrasi dan Umum Provinsi Sumsel Yusri Effendi di Kantor Gubernur,Rabu (31/3). Pembayaran gaji, menurut Yusri, akan dilakukan secepat mungkin.

Kalau memang sudah selesai administrasinya, pekan depan sudah dapat dibayarkan. “Memang kita sudah mendengar keluhan para honorer akan mandeknya pembayaran gaji selama empat bulan ini. Tetapi, terlambatnya pembayaran tersebut bukan disengaja, plot gaji yang selama ini masuk ke biaya belanja pegawai sekarang ini pindah ke belanja barang dan jasa.

Otomatis dengan adanya perubahan tersebut, perlu dilakukan pembenahan sehingga terjadinya keterlambatan ini,”ujar dia. Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel H Musyrif Suwardi mengatakan, sebenarnya kondisi ini tidak ada masalahnya. Apalagi, dana untuk pembayaran gaji pegawai honorer di lingkungan Pemprov Sumsel sudah disiapkan mencapai Rp12 miliar lebih.

Namun, karena adanya perubahan pos anggaran yang selama ini anggarannya di belanja pegawai pindah ke pos belanja barang dan jasa,maka harus disesuaikan. Sementara itu,Karo Keuangan Pemprov Sumsel Laonma PL Tobing mengungkapkan, saat ini pihaknya masih melakukan inventarisasi dan revisi SKPD untuk diusulkan ke Dewan guna persetujuan prinsip pembayaran mendahului anggaran.

Jadi, jika disetujui, pembayaran gaji honorer akan dibayarkan pada awal April ini.“Kita telah menganggarkan 14 miliar untuk pembayaran gaji baik honorer maupun PNS,”ujar dia. Terpisah, Riki, honorer, mengungkapkan, sekarang ini gaji honorer sebesar Rp800.000 per bulan tersebut telah dia gadaikan dengan meminjam sejumlah uang untuk memenuhi kebutuhan hidup selama empat bulan ini. Jika tidak demikian, dia tidak dapat melanjutkan hidup karena sudah empat bulan ini gaji honorer tidak dibayar. (yayan darwansah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: