Alex Disambut Tarian Soya-Soya di Ternate

TERNATE (SI) – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin disambut dengan tari soya-soya atau tarian perang saat tiba di Bandara Sultan Babullah Ternate.

Kedatangan Alex ke Kota Ternate, Maluku Utara, untuk melantik Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Maluku Utara dan berziarah ke makam keluarga SMB II di Ternate. Dalam kesempatan tersebut, Alex Noerdin juga disambut langsung Wakil Gubernur Mauluku Utara KH Abdul Gani Kasuba. Tari soya-soya adalah tarian yang melambangkan keberanian dan menanamkan para tamu untuk bertindak tegas dalam segala hal. Menurut tokoh masyarakat Ternate, H Nasir Badillah, 68,yang juga khatib Masjid Besar Kesultanan Ternate, tari soya-soya selalu dilakukan untuk menyambut tamutamu agung yang datang di daerah penghasil rempah-rempah ini.

Selain tamu dalam negeri,beberapa tamu luar negeri juga disambut dengan tarian ini, di antaranya dari Belgia,Belanda,Norwegia. Seusai penyambutan dengan tari soya-soya,dengan lima penari laki-laki bersenjatakan tameng dan parang, dilanjutkan dengan upacara adat Jokokaha (menginjak tanah). “Tarian tersebut merupakan tarian yang melambangkan keberanian dan menanamkan kepada para tamu untuk bertindak tegas dalam segala hal. Setelah itu, kembali dilakukan acara Jokokaha atau menginjak tanah.Di mana,beranjak dari peribahasa di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung dan untuk menanamkan pengertian bahwa sebenarnya kita semua bersaudara,” ujar H Nasir Badillah. Selanjutnya, dalam kunjungannya ke Ternate, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin juga melakukan silaturahmi dengan masyarakat Sumsel di Ternate yang tergabung dalam Kerukunan Keluarga Besar Sumbagsel (KKBS) di Hotel Amara Ternate,Jumat (2/4).

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menyampaikan beberapa hal tentang Sumsel. Di antaranya, soal persiapan Sumsel sebagai tuan rumah Sea Games 2011 yang perlu dukungan seluruh masyarakat Sumsel, termasuk yang ada di Ternate. “Pada 2011, Sumsel akan melakukan perhelatan akbar, yakni Sea Games XXVI. Jadi, saya minta dukungan semua pihak,baik yang ada di Sumsel maupun di Ternate,” ujar Alex. Kemudian, menanggapi permintaan Sekretaris KKBS Anto Lembang yang mengusulkan kepada Gubernur untuk dapat membantu pengadaan Gedung Sekretariat KKBS, Alex berjanji akan memenuhinya. “Jadi, carilah rumah yang strategis kalau sudah ada lapor saya, nanti kita beli dan kita rehab untuk gedung sekretariat,” ujarnya.

Sebab, hal ini juga penting sebagai tempat pertemuan bagi warga Ternate asal Sumsel untuk saling bertukar informasi. Sementara itu,Anto Lembang mengatakan, jumlah warga Sumsel di Ternate hingga kini sebanyak 200 jiwa lebih, dengan berbagai profesi,mulai PNS hingga pengusaha dan wiraswastawan. “Kami sangat berharap Gubernur agar dapat membangun gedung sekretariat. Jika gedung tersebut ada, semua kegiatan yang menyangkut Sumsel dapat mudah untuk dibahas.

Kemudian, mengenai akan dilaksanakannya Sea Games, kita sangat mendukung Gubernur Sumsel, semoga Sea Games yang akan dilaksanakan dapat berjalan lancar,”ujar dia. (yayan darwansah/rel)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: