Jembatan Talang Ayik Putus

PAGARALAM (SI) – Jembatan gantung yang menghubungkan Dusun Jambat Akar dengan Talang Ayik Salak, Kelurahan Jangkarmas, Kota Pagaralam,sepanjang 15 meter di atas Sungai Selangis putus dihantam banjir bandang.

Pengamatan SI kemarin, kondisi jembatan alternatif ini sudah sangat memprihatinkan, apalagi bila ada warga yang melintas. Sebab, sebagian besar lantai yang terbuat dari bambu banyak patah dan sudah ambruk ke dasar sungai. Namun, sebagian besar warga sekitar tampak masih menggunakan jembatan ini meskipun sudah roboh dan mengalami kerusakan cukup parah setelah terjadi banjir. Bukan hanya sudah banyak batang bambu dan papan terlepas,bahkan kawat pengikat juga banyak yang putus sehingga mengancam keselamatan jiwa warga yang melintas. Kini warga sekitar terpaksa harus bergantungan pada tali baja yang terletak di sisi kiri dan kanan jembatan karena menghindari lantai jembatan yang ambruk.

”Warga terpaksa menggunakan jembatan tersebut karena merupakan jalan pintas menuju ke areal perkebunan dan persawahan di daerah Bukit Kayu Manis dan perkampungan Talang Ayik Salak,”kata Afan,34,warga setempat kemarin. Dia mengatakan,memang jembatan ini merupakan alternatif bagi warga yang memiliki ladang atau kebun di daerah tersebut. Bahkan, dengan jembatan ini akan mempersingkat jarak tempuh menuju Dusun Jembat Akar dan pusat kota. ”Kondisi jembatan sudah banyak yang putus dan rusak,tapi karena menjadi sarana utama warga setempat melakukan perbaikan kembali seadanya. Kawat yang putus disambung lagi hanya untuk menyangga saat akan menyeberang karena lantai jembatan sudah menyentuh permukaan sungai,” ungkapnya.

Kepala Dinas PU Kota Pagaralam Edy Tamrin mengatakan belum mendapatkan informasi mengenai jembatan tersebut.Namun, pihaknya segera turun ke lokasi kejadian untuk mengetahui penyebab putusnya jembatan. ”Kita segera menurunkan petugas untuk melakukan pengecekan terhadap jembatan yang putus tersebut. Sebab hingga kini belum ada laporan jika jembatan gantung di Ayik Salak putus,”ujarnya.

Dia mengatakan, nantinya menjadi prioritas bagi pemerintah untuk melakukan perbaikan terhadap sejumlah jembatan yang mengalami kerusakan, termasuk di Dusun Jambat Akar. (m marzuki)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: