Kokka Si Penghalau Hantu Jembalang/1

MENILIK BISNIS KAYU KOKKA

Pernahkan dengar sebuah khasiat Kayu Kokka? Konon kabarnya Kayu ini merupakan jenis kayu Bahtera Nabi Nuh AS sebagai bahan pembuat kapal dan Tongkat Nabi Musa AS.

BANYAK yang percaya bahwa kayu ini memiliki berbagai khasiat seperti dapat menghilangkan rasa sakit gigi, menangkal bisa ular, sakit kepala, sakit urat atau otot.Kemudain, jika dibawa bersama ketika berjumpa orang zalim akan aman dan tenang.

Bahkan ada juga yang percaya kayu ini bisa menghalau hantu jembalang atau hantu penunggu bila dipakai,Waulah Hualam Bisawab. Untuk itulah, Ekawati,32, berminat mengembangkan bisnis ini di Kota Palembang sejak satu tahun silam. Hasilnya, banyak pembeli yang mendatangi outlet miliknya yang berada di mall Palembang Square (PS) dan di Palembang Indah Mall (PIM) untuk mengenakan Kayu Kokka sebagai aksesoris dan keperluan lainnya. Tak ayal lagi, untuk memajukan bisnis Eka panggilan akrab Ekawati kerap mendatangkan bahan aksesoris Kayu Kokka dari Mekkah dan negara luar lainnya. Untuk memuaskan pembeli dengan jenis yang langkah dirinya kerap memesan dari pengrajin secara khusus.

“Barang yang ada kita didatangkan langsung dari Mekkah dan luar negeri lainnya. Tetap i, untuk jenis-jenis aksesoris yang sulit didapat akan kita pesan seperti di Banjarmasin Kalimantan Timur,” ujar istri Amran ini. Aksesoris Kayu Kokka memiliki banyak bentuk mulai dari cincin, gelang, kalung, tasbih dan bentuk lainnya. Untuk mempermanis bentuk ada aksesoris yang diukir dengan huruf Arab yang dipercaya sudah diraja atau diberikan mantra untuk kesehatan. “Barang yang kita jual memiliki berbagai macam harga,mulai dari Rp75.000-Rp350.000 untuk tasbih, Rp30.000-Rp40.000 untuk cincin, Rp25.000-Rp50.000 untuk gelang dan lainnya.Kemudian aksesoris tersebut juga dipercaya memiliki berbagai khasiat,”ujar dia.

Dengan melakukan bisnis ini, Eka selalu mengembangkan sayap. Banyaknya permintaan membuat dia membuka tiga outlet yang dijaga tiga karyawan. Misalnya di mall PIM terdapat dua outlet yakni di lantai tiga dan dilantai dasar di depan Hypermat. Kemudian untuk mall PS berada di lantai dasar depan Texas. “Kayu Kokka dipercaya sebagai penawar, penyembuh dan pelindung. Apalagi jika diguna pakai dalam bentuk Tasbih. Untuk itulah banyak pembeli yang berminat,” ujar ibu dari Zalfa,4, ini. Eka menambahkan, di antara rahasia dan kelebihan kayu Kokka menurut pengalaman mereka yang telah memakainya seperti rumah yang memilikinya aman dari ancaman dan gangguan pelbagai jenis mahluk.

Anak menangis tidak dapat tidur maka kayu yang sudah dibuat dengan berbagai bentuk aksesoris diletakan di bawah bantal atau rendam sebagiannya ke dalam air lalu diberi minum,maka akan tertidur. Kemudian, jika sakit gigi maka rendam sebahagiannya ke dalam air suam, kemudian berkumur dengannya dan minum, diyakini akan sembuh.Lalu,jika sakit kepala,sakit urat atau otot; gosokgosokkan ke bagian yang sakit, insya Allah lega.Demam,sakit Kuning, kerongkong, tongsil, guam dan ruam; rendam air dan beri minum atau titiskan ke dalam mulut, akan sembuh.Kemudian, kayu Kokka letakkan pada bahagian yang terkena gigitan binatang berbisa, dan akan hilang segala bisanya.

“Khasiat tasbih,gelang,cincin dan kalung dari kayu kukka dapat menghalau hantu jambalang, menghilangkan rasa sakit gigi, menghilangkan bisa dan lainnya. Untuk itu, banyak pembeli yang berniat memakai kayu ini baik untuk aksesoris maupun hiasan rumah,” ujar pelaku usaha kredit selama enam tahun ini. Ditambahkan Yanti, salah seorang karyawan Eka. Setiap harinya pembeli yang datang tidak hanya kaum wanita saja.

Tetapi ada juga pasangan kekasih yang membeli aksesoris ini. kebanyakan mereka membeli cincin yang kembar agar serasi untuk dipakai. “Yang membeli tidak hanya ibu-ibu saja, tetapi kalangan muda juga banyak. Sebab, aksesoris yang disediakan memiliki berbagai macam bentuk seperti gelang, kalung, cincin dan tasbih,” ungkapya. (yayan darwansah/ bersambung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: