Ditolak,Batal Buka Kantor di Sumsel

PALEMBANG (SI) – Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat batal membuka kantor di Provinsi Sumsel. Sebelumnya pembukaan kantor konsulat tersebut sempat menuai protes berbagai pihak, seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Forum Ulama Indonesia (FUI).

“Setelah dipertimbangkan, Pemerintah Amerika membatalkan membuat kantor di Sumsel dengan beberapa alasan. Pembuatan kantor mungkin tidak ada karena agak terbatas jika kita punya konsulat untuk kedutaan besar di Sumsel. Untuk itu, kantor konsulat mungkin akan terus ditempatkan di Medan,kan Me-dan juga lebih dekat dengan Sumsel dan Jakarta,” ungkap Konjen Amerika Serikat untuk Sumatera Stanley Harsha seusai melakukan pertemuan dengan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di Kantor Gubernur Sumsel,Rabu (7/4). Pembukaan Kantor Konjen Amerika Serikat di Sumsel dulu sempat didemo dan ditolak berbagai organisasi.

Dengan adanya Kantor Konjen di Sumsel, berbagai pihak menakutkan akan merusak tatanan budaya, sistem ekonomi,dan agama. Stanley mengungkapkan,pertemuan dirinya dengan gubernur selain membatalkan pembangunan Kantor Konjen di Sumsel juga akan membahas beberapa hal, seperti peluang investasi. Amerika berminat menanamkan investasi di Sumsel.Bahkan,Sumsel juga mendapat untung dari penanaman investasi Amerika. Dia menilai Sumsel merupakan salah satu tempat yang bersih, tertib, sehingga besar kemungkinan diadakannya kerja sama, baik di bidang industri,perkebunan, transportasi, bidang pariwisata, maupun pendidikan.

“Saya sering berkunjung ke Sumsel,namun saya baru pertama kali melakukan pertemuan dengan Pemerintah Sumsel. Sumsel terkenal sebagai Provinsi yang paling maju di seluruh Indonesia, baik untuk infrastrukturnya, perencanaan pembangunan. Juga dikenal memiliki pemerintahan yang bagus dan Gubernur yang baik. Untuk itu, kita siap melakukan hubungan kerja sama melalui berbagai bidang,”ujarnya. Menurut dia, ada banyak hal yang sangat maju di sini untuk dikembangkan, seperti di bidang pupuk, energi, kereta api, pelabuhan, olahraga, termasuk investasi untuk Sea Games 2011.Untuk itu,peluang kerja sama sangat besar bisa dilakukan jika terjadi kesepakatan. “Kita lihat Sumsel akan memiliki fasilitas olahraga yang bagus dan terlengkap di Indonesia dan mungkin saja di Asia.Bahkan, saya berharap setelah Sea Games, Sumsel juga dapat menggelar kegiatan olimpiade,”jelas dia.

Khusus di bidang pendidikan, pihaknya ingin lebih mempererat hubungan Sumsel dan Amerika dengan memperbanyak guru dan pemuda yang belajar ke Amerika. Namun, jauh sebelumnya, Sumsel diakuinya pernah bekerja sama dengan Amerika di bidang ekonomi dan diplomatik. “Masih banyak hal yang bisa dikerjasamakan lagi, terlebih kita bisa menarik investasi seperti pariwisata dan lainnya ke Sumsel,” tukas Stanley. Ditambahkannya,diharapkan kedatangan Presiden Amerika Serikat Obama pada Juni mendatang ke Indonesia akan menjadi langkah yang baik untuk meningkatkan hubungan kerja sama antara Amerika dan Indonesia. Khususnya, Amerika dengan Sumsel.Untuk itu,hubungan baik tersebut kiranya dapat dilakukan sejak dini. “Agenda Presiden Obama adalah kemitraan komprehensif.

Pada kesempatan tersebut akan ada kerja sama di bidang ilmu pengetahuan, kesehatan, pendi-dikan, lingkungan hidup,perdagangan dan lainnya,”tukas dia. Menanggapi batal dibangunnya Konjen Amerika di Sumsel, Sekretaris MUI Sumsel H Ayik Farid mengatakan, pihaknya menyambut baik atas batalnya pembukaan kantor konjen Amerika di Sumsel. Pasalnya, yang sangat ditakutkan adalah ekspansi Amerika di Sumsel, selain melirik kekayaan yang ada juga menyebar ke berbagai hal seperti agama. Untuk itu, dengan dibatalkannya tujuan tersebut merupakan hadiah besar bagi umat Islam. “Kita sangat bersyukur atas batalnya pembukaan kantor konjen di Sumsel.

Ini adalah hadiah besar bagi masyarakat Sumsel terutama bagi umat Islam.Sebab, ekspansi Amerika selain akan melirik ekonomi dan kekayaan alam Sumsel juga memiliki misi lain, yakni agama. Untuk itu, agar hal tersebut tidak terjadi lebih baik kita tolak pembukaan kantor konjen tersebut,”tegas Ayik. (yayan darwansah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: