Gaji Pensiun Naik 5%

PALEMBANG (SI) – Seiringan adanya kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS), gaji para pensiunan PNS pun juga ikut mengalami kenaikan sebesar 5% dari total pokok gaji.

Kenaikan berlaku sejak Januari 2010, tetapi untuk pembayaran akan dilakukan mulai Mei 2010. “Sesuai Surat Edaran Dirjen Pembendaharaan Departemen Keuangan RI No SE-07/PB/ 2010, terhitung 1 Januari 2010, gaji para pensiunan mengalami kenaikan sebesar 5%,” ujar Plt Kepala Cabang PT Taspen Palembang Amran Tarigan di Palembang kemarin.

Menurut Amran, pelaksanaan pembayaran rapel kekurangan tunjangan pokok pegawai dari Januari–April akan dilakukannya pembayaran pada 4 Mei 2010 melalui kantor pembayaran masing-masing, seperti kantor pos,Bank BRI,Bank Sumsel,BPN. “Sisa daftar pembayaran (dapem) akan dibayarkan tersendiri, sehingga kenaikan tersebut sudah mulai aktif per Januari,meskipun pembayarannya baru dilakukan Mei,”ujar dia.

Dari gaji para pensiun yang naik 5%, tidak semua mengalami kenaikan.Kenaikan ini hanya untuk para pensiunan PNS beserta janda atau duda dan anak yatimpiatu, tetapi tidak termasuk eks pegawai PT KAI. Lalu, pensiunan purnawirawan TNI dan Polri janda atau duda, yatim-piatu, dan orangtua. Penerima tunjangan kehormatan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) dan janda/ dudanya serta penerima tunjangan veteran dan janda/dua.

“Jumlah pensiunan yang mengalami kenaikan gaji ini sebanyak 45.262 pensiunan di luar pensiunan PT KAI 1.040, hakim 58, dana kehormatan 203, dan pejabat negara yang mencapai 72 orang. Biasanya untuk pensiunan PT KA akan menyusul kenaikannya. Tetapi, untuk masalah tersebut, kita belum mendapatkan petunjuk,” ujar dia.

Untuk pembayaran gaji pensiunan yang mencapai 46.635 di semua sektor pensiunkan,PT Taspen telah menganggarkan dana mencapai Rp65,36 miliar yang dibayarkan secara rutin. Namun, jumlah tersebut belum ditambah kenaikan 5% terhadap gaji para pensiunan sejak Januari 2010. “Pada April ini kita telah menganggarkan dana mencapai Rp65,36 untuk semua pensiunkan, ditambah berbagai dana tunjangan. Pembayaran gaji pokok mencapai Rp59,60 dan belum dikalikan dengan kenaikan 5%,” tukasnya.

Dia menambahkan, setiap bulan berdasarkan data di PT Taspen, jumlah pensiunan susulan rata-rata bisa mencapai 250 orang. Untuk itu, bagi pensiunan yang baru masuk pada April,pembayarannya akan mengalami keterlambatan. Meskipun demikian, pembayaran tetap akan dilakukan sesuai peningkatan kenaikan gaji. “Rata-rata setiap bulannya kita menerima 250 pensiunan susulan.

Untuk itu, bagi para pensiunan susulan, akan disesuaikan dengan kenaikan, tetapi tidak mendapatkan rapel dari Januari–April,”ungkap dia. Kemudian, PT Taspen juga sedikit mengalami hambatan mengenai pembayaran gaji pensiunan bagi para pensiun punah atau telah meninggal dunia. Sementara, tidak ada lagi ahli waris yang bisa mempertanggung jawabkan atas pensiunan tersebut. Untuk itu, pihaknya meminta pihak kerabat dan keluarga untuk dapat menghubungi PT Taspen terdekat. Sebab, pensiunan punah tersebut masih bisa mendapatkan kenaikan gaji dari Januari–April 2010.

“Apabila hak pensiunnya pada Mei 2010 telah punah,tetapi ada rentan waktu Januari–April, pensiunan tersebut masih berhak mendapatkan hak pensiun.Selanjutnya, ahli warisnya berhak mendapatkan kekurangan pembayaran karena adanya kenaikan tersebut. Untuk itu, kepada ahli waris untuk dapat menghubungi PT Taspen atau melalui customer service kami,”tukas dia.

Sementara itu,Kabid Personalia Umum Dayat Suaeb menambahkan, daftar pembayaran pensiun Mei 2010 telah menggunakan besaran pensiun pokok baru dengan kenaikan 5%.Kemudian, daftar pembayaran susulan terhitung Mei 2010 juga telah menggunakan besaran pokok pensiun baru 2010. Kekurangan uang pensiun dari Januari–April akan menggunakan dapem tersendiri yang akan dibayarkan pada 4 Mei.

Lalu, terhitung 1 April, perhitungan nondapem, yaitu pembayaran pensiun pertama berdasarkan SPP Klim SP4A,SP4B,SP2YP,dan SP3L, juga sudah menggunakan pensiun pokok baru. “Bagi yang dipensiunkan terhitung April 2010 dan telah mengajukan permintaan pembayaran melalui pos atau transfer lewat bank, kami mohon maaf tidak tepat waktu karena perhitungannya harus diperbaiki dengan pensiun pokok baru 2010,” tukas dia. (yayan darwansah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: