12 Dai Dikirim ke Desa Binaan

PALEMBANG (SI) – Untuk meningkatkan kualitas kehidupan beragama bagi masyarakat yang ada di desa binaan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) bekerjasama dengan Badan Amal Zakat (BAZ) Sumsel mengirim 12 dai.

Dimana, pengiriman tersebut berfungsi untuk memotivasi masyarakat untuk pengoptimalan sarana pribadatan dan mempersiapkan kader-kader pembimbing dalam upacara keagamaan di desa. “Pengiriman 12 orang dai ke desa binaan ini berfungsi untuk meningkatkan keagamaan di desa yang minim agama.

Dengan adanya dai ini diharapkan dapat menambah ketaatan masyarakat yang ada di desa tersebut,” ujar Ketua BAZ Sumsel H Aflatun Muchtar,usai acara pelepasan dai binaan BAZ ke 12 desa di enam Kabupaten Sumsel,di Graha Bina Praja,Rabu (14/4). Dia mengatakan,12 desa binaan BAZ Sumsel tersebut mendapat kucuran dana sedikitnya mencapai Rp51 juta/desa.

Dana ini berasal dari Zakat, Infak dan Shadaqah (ZIS) dan diserahkan dalam acara pelepasan tenaga dai menuju desa binaan. Untuk itu, melalui program tebar dai ini dilatarbelakangi kondisi riil masyarakat desa di Sumsel yang masih minim agama. “Karena kemajuan bidang ekonomi tidak seimbang dengan pengamalan ajaran agamanya. Untuk itu, dengan adanya pengiriman dai ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas agama di suatu desa yang masih miskin agama,” ungkapnya.

Adapun 12 dai yang dikirim seperti Dedi Syahputra, Juni Irawan, Achyahidin, Rupiyansyah, Irwansyah, Dedi Irawan, Erwansyah, Pendri Susanto,Riswan, Amirul Mukminin dan Suyano, Heri Juni Marbendi. Dimana, ke 12 dai tersebut akan dikirim ke Kayu Agung OKI, yakni Desa Lubuk Dalam dan Desa Banding Anyar.Selain itu,dua desa berada di Kecamatan Jayapura OKU Timur yakni Desa Kambang dan Desa Mendah.

Kemudian Desa Terlangu dan Desa Limau di Kecamatan Banyuasin III,Desa Muara Lawai Kecamatan Muaraenim dan Desa Gunung Megang.Sedangkan sisanya berada di Prabumulih yakni Desa Kemang Tanduk Kecamatan Rambang Tengah, Desa Gunung Kemala,Desa Bingin Jumud Kecamatan Muara Kelingi dan Desa Leban Jaya Kecamatan Tua Negeri Musi Rawas.

Dia menjelaskan, tahun ini lokasi yang menjadi sasaran program ini adalah desa masuk ketegori miskin agama dan miskin ekonomi berdasarkan hasil kajian mendalam Pemerintah Kab-upaten/ Kota di Sumsel. Diharapkan dengan adanya pengiriman dai ini dapat menjadi pemicu masyarakat untuk mendekatkan diri dan belajar agama Dia menambahkan, para dai sendiri merupakan para alumni S1 perguruan tinggi agama Islam di Sumsel.

“Dai yang kita kirim ini adalah meraka yang belum mempunyai pekerjaan tetap sehingga mereka dapat bekerja sepenuhnya dan tinggal bersama masyarakat di desa tersebut.Kemudian,kedepan, program ini akan dilanjutkan ke desa-desa yang dinilai masih minim agama oleh tim,”ujar dia. Aflatun menambahkan, diharapkan setelah dikirim nantinya para dai dapat menjadi motivator, dinamisator,akselerator dan sumber informasi dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat ke tingkat yang lebih layak, mandiri,sakinah dan muttaqin.

“Setiap dai sendiri mendapat biaya pelaksanaan program meliputi living cost, transport, monitoring/ evaluasi dan pelaporan. Ditargetkan program ini akan terus berjalan hingga pendirian sekolah agama (madrasah diniyah) beserta tenaga pengajarnya di tiap desa binaan tersebut,”tukas dia. Sementara itu, Asisten III Bidang Kesra Pemprov Sumsel Aidit Aziz mengatakan, diharapkan para dai untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat di desa tujuan.

Dimana, ketika sudah berada di desa binaan mereka harus bisa menjadi pemimpin sehingga dapat disegani masyarakat. D-engan demikian, mereka bisa bekerja dengan baik sehingga menjadikan desa yang mereka pimpin menjadi desa yang beragama. “Kita harapkan selama tiga bulan berada di desa binaan para dai dapat memberikan pengajaran yang baik. Sehingga sarana peribadatan dan organisasi keagamaan dapat berfungsi dengan baik tidak seperti pada saat pendataan masih kurang menguasai agama,”ujar Aidit. (yayan darwansah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: