Kejari Didesak Usut DAK Rp7,9 M

PAGARALAM (SI) – Aliansi Pemantau Kerugian Negara (APKN) Pagaralam mendesak Kejaksaan Negeri Pagaralam menyelesaikan kasus korupsi dana alokasi umum (DAK) 35 sekolah dasar (SD) tahun 2007 Rp7,9 miliar.

Ketua APKN Pagaralam Tomi Wisnan mengatakan, kasus dugaan korupsi DAK pengusutannya hingga sekarang tidak jelas hasilnya, termasuk beberapa kasus lain yang merugikan negara. Kejari Pagaralam sudah mengusut dugaan penyelewengan dana DAK untuk 37 SD/MI se-Kota Pagaralam dengan nilai Rp7,9 miliar pada 2007. Bahkan, sejumlah kepala sekolah sudah dilakukan periksaan,tapi hingga kini belum ada kemajuan. “Sepertinya ada indikasi permainan.

Sebab, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan jaks,a justru hanya pada pembelian buku, tidak menyeluruh seperti bangunan dan lainnya. Sebetulnya cukup banyak penyimpangan terjadi dan bukan hanya kerugian negara dari penggunaan DAK untuk pembangunan sekolah yang keberadaannya tidak jelas, tapi termasuk dana pendamping dari Pemkot Pagaralam Rp788 juta,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, total anggaran dialokasikan dari DAK untuk 35 sekolah tahun 2007 dinilai bermasalah mencapai Rp8.671.300.000, setelah digabungkan dengan dana pendamping dari pemerintah daerah. Pada pemeriksaan dahulu ada indikasi dugaan tindak pidana korupsi yang sudah ditemukan jaksa, seperti pemotongan Rp10 juta setiap sekolah penerima DAK dari Diknas, termasuk realisasi di lapangan.

“Namun, setelah peralihan Kejari Dari Bahrul kepada Agus Pitulas, kasus ini justru menghilang,”katanya. Sementara itu, Kejari Kota Pagaralam Agus Pitulas mengatakan, proses penyidikan terhadap DAK sekolah tahun 2007 dengan total dana Rp7,9 miliar tidak terjadi penyimpangan karena pemeriksaan hanya terfokus pada pembelian buku.

“Sebab, ini sudah merupakan perintah Kejati Sumsel proses penyidikan hanya untuk lingkup pembelian buku saja. Berkas hasil pemeriksaan masih ada dan hasilnya tidak terjadi penyimpangan dalam proses pembelian untuk 35 SD yang mendapat dana DAK,” ungkapnya didampingi Kasi Intel Hartadi kemarin. (m marzuki)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: