Air Asia Kembali Rambah Sumsel

PALEMBANG (SI) – Setelah sempat menarik diri dari Sumsel dan menghentikan operasionalnya melayani penumpang asal Sumsel,khususnya Palembang dengan rute Palembang– Kuala Lumpur,maskapai penerbangan Air Asia kembali ingin merambah Sumsel.

Hal ini terungkap saat adanya pertemuan tertutup antara Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dengan PLT General Manager PT AP II Drs Dwiono S Budi. Dalam pertemuan tersebut, ada rencana pengembangan Bandara SMB II Palembang dan terkait dengan rute Air Asia menerbangi kembali Palembang– Kuala Lumpur.

“Kita belum dapat menentukan kapan waktu mulainya Air Asia beroperasi, karena harus ada laporan dan persetujuan dari Direktorat jenderal perhubungan udara dan direksi angkasa pura II.Tetapi, kita telah mengutarakan niat untuk kembali beroperasi di Sumsel untuk melayani rute Palembang–Kuala Lumpur,” ujar PLT General Manager PT AP II Drs Dwiono S Budi di Palembang kemarin.

Menurut dia, animo penerbangan dari Palembang–Kuala Lumpur sangat tinggi sehingga dengan kembalinya Air Asia me-nerbangi Palembang–Kuala Lumpur dapat meningkatkan perekonomian Sumsel, khususnya di bidang pariwisata.Tetapi,pihaknya belum dapat memprediksi seberapa besar animo terhadap penerbangan Air Asia tersebut, karena yang akan dilaksanakan kemungkinan satu flight dalam satu hari.

“Pada tahun ini insya Allah kita optimis sudah mulai beroperasi. Pasalnya, sementara ini baru Air Asia yang mau masuk ke Palembang, maskapai penerbangan lain belum,”ujarnya. Mengenai pengembangan Bandara SMB II,Dwiono tidak menampik akan ada pengembangan, yaitu terminal untuk ruang penumpang. Di mana, terminal penumpang yang akan dikembangkan diharapkan berkapasitas lebih besar dari sebelumnya yaitu mencapai 2,5 juta penumpang per tahun.

“Pengembangan pendanaannya dari angkasa pura murni. Jadi kita harapkan pada tahun mendatang pelayanan akan semakin membaik,”tukasnya. Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi (Dishubkominfo) Sumsel H Sarimuda mengatakan, ber-dasarkan hasil pertemuan tersebut Pemprov mendukung dan sedang mengusahakan agar Air Asia kembali beroperasi di Sumsel,yaitu dari Palembang–Kuala Lumpur.

Pemprov Beralih ke Sriwijaya Air

Pemerintah provinsi akhirnya memutuskan melakukan penjajakan kerja sama dengan penerbangan Sriwijaya Air setelah sebelumnya Maskapai Penerbangan Air Asia menghentikan operasionalnya melayani penumpang asal Sumsel, Khususnya Palembang, dengan rute Palembang– Kuala Lumpur (KL).

Kepastian ini disampaikan Gubernur Sumsel Alex Noerdin seusai pemaparan Sea Games di Pemkot Palembang kemarin. Menurut dia,kerja sama tersebut sudah mendapatkan lampu hijau dari maskapai penerbangan Sriwijaya Air. “Memang kita sedikit kecewa terhadap maskapai AA yang tidak lagi melayani penumpang Palembang yang akan bepergian ke Kuala Lumpur.Tapi ternyata,bukan hanya Kota Palembang saja yang dihentikan.

Setidaknya ada tujuh kota besar lainnya di Indonesia yang dihentikan rute penerbangannya,” jelas Alex Noerdin. Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra mengaku juga telah melakukan penjajakan dengan pihak maskapai penerbangan lainnya. ”Kita juga tengah melirik Lion Air sebagai transportasi penerbangan kita.

Memang baru sekedar lobi tapi kita harapkan usulan kita ke maskapai tersebut segera ditanggapi,” katanya. Menurut Eddy,beralihnya maskapai penerbangan yang dilakukan pemprov tentunya mendapatkan sambutan positif pemkot. (yayan darwansah/ andhiko tungga alam)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: