21 Kades Empat Bulan Tak Gajian

PAGARALAM (SI) – Sebanyak 21 kepala desa (kades) di Kecamatan Jarai, Kabupaten Lahat, selama empat bulan terakhir belum menerima gaji tunjangan.

Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) Desa Pamasalak, Kecamatan Jarai, Jalal mengungkapkan, gaji ke 21 kades tersebut mandek sejak Februari– Mei 2010. Tidak jelas apa alasan terhentinya gaji tunjangan bagi para kades tersebut karena hingga kemarin belum ada penjelasan dari pemerintah setempat. “Kita sangat menyesalkan hal ini.Padahal, kompensasi tersebut merupakan hak para kades sebagai bentuk bantuan dari pemerintah atas jasa kerjanya dalam membangun suatu desa,”jelasnya.

Menurut Jalal,seharusnya pemerintah cepat tanggap dengan permasalahan yang timbul saat ini, karenakalaudidiamkansajamakaakan berlanjut.Sehingga mengakibatkan kinerja para kades dalam menjalankan tugasnya kurang maksimal. Kades Pamasalak Amrul membenarkan, dirinya bersama 20 kades lain belum menerima gaji.Kejadian ini sangat memengaruhi kinerja jajaran kades di Kecamatan Jarai.

“Tunjangan yang diberikan pemerintah terhadap kades memang tidak seberapa.Namun, kalau dikumpulkan selama empat bulan, lumayan juga untuk mencukupi kebutuhan keluarga.Apalagi, saat ini segala kebutuhan pokok serba mahal,”ujarnya. Camat Jarai Heri Kurniawan mengatakan, belum cairnya honor tunjangan para kades disebabkan salah satu desa, yakni Desa Sadan, hingga saat ini belum memberikan laporan anggaran pendapatan belanja daerah desa.

“Memang dari Pemkab Lahat belum bisa mencairkan tunjangan bagi masing-masing kades akibat belum adanya laporan anggaran dari Desa Sadan, sehingga mengakibatkan semua desa terkena imbasnya,”ungkapnya. Karena itu,camat meminta Kades Sadan sesegera mungkin menyampaikan laporan yang dikehendaki Pemkab Lahat agar honor tunjangan sebanyak 21 kades di Kecamatan Jarai segera dicairkan. (m marzuki)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: