Wisata Sumber Air Panas Ditemukan

PAGARALAM(SI) – Salah satu objek wisata alam berupa air panas bumi mengandung belerang ditemukan di Dusun Talang Kubangan,Kelurahan Kancediwe, Kecamatan DempoSelatan,KotaPagaralam,Sumatra Selatan Rabu (12/5).

Pantauan SI Kemarin,sumber air panas berada dilereng bukit sekitar hutan Lindung daerah aliran sungai (DAS) Indikat perbatasan Pagaralam-Lahat. Sumber air panas yang ditemukan cukupjauhdaripusatkotasekitar25 kilometer (km) atau sekitar 4 km dariDusun Talangkubangandengan menempuh jarak sekitar 4 jam dengan jalan kaki. Untuk menuju lokasi air panas dapat ditempuh dengan melewati perkebunan kopi dan pemukiman penduduk yang masih berupa talang.

Disekitar air panas terdapat hutan lindung yang asri dengan keindahan Sungai Indikat sehingga menarik bagi warga setempat untuk berwisata termasuk menikmati keindahan hutan bambu. “Memang sumber air panas ini baru ditemukan di sekitar Pagaralam. Sedangkan aset wisata lainnya berupa air terjun cukup banyak mencapai ratusan salah satunya berada di Curup Peghing.

Namun demikian penemuan berbagai kekayaan alam yang memiliki keunikan ini masih sebagian kecil dibandingkan dengan luas wilayah Kota Pagaralam,” kata Manto,Ketua RW 04 Dusun Bandar Jaya Talangkubangan Kelurahan Kancedewe Kecamatan Dempo Selatan. Lanjut dia,selama ini beberapa kekeyaan alam di daerah perbukitan Dempo Selatan masih banyak belum terungkap.

“Ada beberapa aset wisata alam yang dimiliki daerah Dempo Selatan terutama di Dusun Talangkubangan seperti air terjun,megalit, hutan lindung dan termasuk lokasi arung jeram.Namun demikian masih perlu upaya pengembangan terutama akses jalan dan penataan agar kerusakan hutan dapat dikendalikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Seni Budaya Pagaralam Drs H Syafrudin Msi mengatakan persoalan yang dihadapi pemerintah sebagian besar adalah aset wisata yang diklaim warga setempat. Kemudian keterbatasan dana menjadi penghambat untuk pengembangan wisata karena jumlah dan lokasi wisata cukup banyak.

“Pemerintah juga kesulitan untuk merehab dan membangun semua fasilitas wisata termasuk di daerah yang jauh dari pusat kota. Namun demikian menjadi pertimbanganan Pemkot Pagaralam untuk mendata kembali semua aset wisata dan kemudian untuk mempermudah pebebasan akan diusulkan untuk dibentuk Peraturan Daerah (Perda),”pungkasnya. (m marzuki)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: