Jelang Sea Games,3 Dermaga Baru Dibangun

PALEMBANG (SI) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi (Dishubkomifo) akan membangun tiga dermaga baru menjelang pelaksanaan Sea Games XXVIdi Palembang Sumsel,2011.

Ketiga dermaga tersebut selain guna memperlancar arus transportasi, juga sebagai tempat wisata bagi para pengunjung atau kontingen dari luar negeri,pembangunan dermaga tersebut seperti Dermaga Pulau Kemarau,Pulau Kerto,Kertapati. “Gubernur Sumsel H Alex Noerdin selalu berpesan agar Sumsel menjadi provinsi terdepan di Indonesia. Jadi pada pelaksanaan Sea Games 2011adalah puncak pencapaian prestasi Sumsel.Terlebih, diprediksikan 4.000 orang bakal datang. Untuk itu, guna kelancaran transportasi wisata kita akan bangun tiga dermaga baru,”ujar Kepala Dinas Perhubungan,Komunikasi, dan Informasi Provinsi Sumsel Sarimuda di Palembang kemarin. Menurut Sarimuda, dibangunnya dermaga tersebut guna menyajikan wisata sungai di Sumsel. Dengan begitu, jalur transportasi tersebut dapat lebih lancar.

“Kita ingin menyajikan Sumsel ini dari semua sisi pada Sea Games mendatang. Untuk itu, segala pembenahan telah dilakukan,”ujar dia. Untuk pembangunan tiga dermaga tersebut saat ini tengah masuk dalam tahap feasibility study (FS), detailed engineering design (DED), dan masterplan oleh Kementerian Perhubungan.Dengan begitu,pada akhir 2010,pembangunan tersebut sudah dapat dilaksanakan. Jadi, pada November 2011, yakni pelaksanaan Sea Games, dermaga tersebut telah dapat digunakan. “Pembangunan dermaga ini hasil kerja sama antara Pemprov Sumsel dan Kementerian Perhubungan. Jadi,pada akhir 2010 ini diharapkan pembangunan tersebut sudah dalam tahap konstruksi,” tukas dia. Ketika ditanya mengenai dana pembangunan tiga dermaga tersebut, Sarimuda belum dapat memastikan.

Pasalnya, pihak Kementerian Perhubungan akan melakukan peninjauan terlebih dahulu untuk pembangunan tersebut.“Kita belum tahu dananya.Jika master plan, FS dan DED telah selesai, baru kita ketahui berapa dana yang dibutuhkan.Tapi kita optimis pembangunan dermaga tersebut dapat cepat terlaksana,”tukas dia. Selain itu,guna mendukung pelaksanaan Sea Games lainnya, pihaknya juga tengah mengantisipasi banyaknya pengunjung dengan menyiapkan angkutan transportasi sebanyak 50 unit bus. Sementara, pengalihan jalur pada Sea Games tidak begitu diperlukan, mengingat venues dengan rumah atlet berada di satu kawasan. Namun, untuk sistem buka-tutup, kemungkinan bisa dilakukan.

Kemudian,pihaknya juga telah memasang billboard sebagai sarana promosi untuk pelaksanaan Sea Games di Sumsel,seperti di Bandara Soekarno Hatta. Selain itu, pihaknya akan memasang tiga billboard lagi di pintu-pintu masuk strategis. Pemasangan TV relay (broadcast) dan media center untuk promosi melalui internet. Sementara itu, Kepala Subdin Perkeretaapian dan Angkutan Jalan Dishubkominfo Sumsel Novri Dalimunthe menambahkan, memang arus lalu lintas pada pelaksanaan Sea Gamessangat perlu diantisipasi.Untuk itu,hal tersebut perlu dimanajemeni, seperti pembentukan jalur satu arah,dua arah atau juga menambah ruas jalan baru.Kemudian,juga perlu diberlakukan pembatasan kendaraan yang masuk kota begitu juga dengan sepeda motor atau juga memberlakukan 3 in 1.

“Kita perlu mengantisipasi padatnya kendaraan menjelang Sea Gamesini.Untuk itu,akan kita berlakukan sistem tidak flow atau buka tutup dan lainnya.Kemudian, kita juga akan menyiagakan personel sebanyak-banyaknya untuk kelancaran lalu lintas pada Sea Games,”tukas dia. (yayan darwansah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: