Tiga PNS Aniaya Jaksa

PAGARALAM (SI) – Seorang jaksa penuntut umum (JPU) di Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Pagaralam Romi mengalami luka serius di sekujur tubuh setelah dikeroyok tiga oknum pegawai Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam,Senin (14/6).

Peristiwa ini baru terkuak kemarin setelah korban melaporkan ketiga pelaku ke Polres Pagaralam. Berdasarkan keterangan korban, peristiwa ini terjadi pada Senin (14/6) sekitar pukul 11.00 WIB, saat berlangsung pertandingan sepak bola dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-7 Kota Pagaralam. Namun,karena ketiga pelaku tidak ada iktikad baik, akhirnya korban melaporkan peristiwa penganiayaan itu ke polisi.

Ketiga pelaku.yakni Anggi, Beta, dan Fadli, pegawai negeri sipil (PNS) di bagian Tata Pemerintahan Pemkot Pagaralam dan diketahui alumni Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN). Kapolres Kota Pagaralam AKBP Abdul Soleh didampingi Kanit Pidum Aiptu Sutrisno mengatakan sudah mendapat laporan tentang adanya dugaan pengeroyokan dilakukan pegawai Pemkot Pagaralam terhadap Romi, Jaksa Kejari Pagaralam.

Korban dipukul di bagian kepala,ditendang dan dipukul pada saat pertandingan sepak bola di Lapangan Gunung Gare, Senin siang. “Semua orang sama di depan hukum, jadi polisi segera memproses tindakan pengeroyokan tersebut,”ungkapnya kemarin. Yang lebih miris lagi lanjut Sutrisno, berdasarkan keterangan korban, ketika Kasi Pidum Kejari Pagaralam Ardi Wirono dan beberapa rekannya yang lain akan memisah pengeroyokan terhadap korban, justru ketiga pelaku menyusul dengan perkataan melecehkan.

“Kita akan tetap memproses ketiga pelaku yang diduga kuat melakukan pengeroyokan terhadap Jaksa tersebut,” katanya. Menurut dia, ketiga pelaku akan dijerat Pasal 352 KUHP berupa penganiayaan menyebabkan korban menderita luka dengan ancaman satu tahun penjara. Karena pihaknya baru menerima laporan, sehingga dalam waktu dekat pihaknya akan memanggil ketiga pelaku.

Bahkan bila diperlukan, ketiganya akan ditahan. Sebetulnya, kata dia persoalan ini dapat diselesaikan dengan cara kekeluargaan, tidak mesti sampai ke kepolisian. Sebab hal ini akan memperburuk citra PNS selaku aparatur negara,dan peristiwa ini juga terjadi dalam suasana HUT Kota Pagaralam. “Namun, di mata hukum, semuanya harus diberlakukan sam, sehingga laporan ini akan langsung kita proses termasuk memanggil ketika tersangka,”kata dia.

Sementara itu, Jaksa Romi mengatakan, kejadian itu berawal ketika berlangsung pertandingan sepak bola dalam rangka HUT ke-7 Kota Pagaralam antara Kejari melawan pegawai Bagian Tapem. Tidak tahu apa penyebabnya, tiba-tiba ketiga pelaku langsung mengeroyok dan memukul korban. “Kami bukan hanya dipukul dan mendapat perlakukan dengan omongan melecehkan, tetapi para pelaku sempat mengejar hingga masuk ke areal kantor Kejari seusai pertandingan,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, pihaknya terpaksa melaporkan kejadian ini untuk memberikan pelajaran agar para pelaku tidak mengulangi tindakan kekerasan,apalagi sesama aparatur negara.Kemudian hal ini dilakukan dalam rangka HUT Kota Pagaralam yang seharusnya menjadi tempat menjalin hubungan keakraban.

Sementara itu, Kabag Tapem Pemkot Pagaralam Syamsul Bahri melalui Kabag Humas Satarman SE mengatakan, tidak ada persoalan terkait adanya kejadian dalam pertandingan sepak bola antara pegawai Bagian Tapem Pemkot Pagaralam dengan Kejari. “Sebetulnya biasa saja kalau beradu kaki atau badan dalam sebuah pertandingan olahraga, apalagi bola kaki, bahkan hingga menimbulkan cedera bagi seorang pemain.

Selain itu, ada wasit yang berwenang memberikan hukuman. Jadi permasalahan di lapangan bola tidak perlu dibawa ke luar lapangan, termasuk ke ranah hukum, ”ungkapnya. Menurut dia, pihaknya akan mengupayakan perdamaian dengan cara kekeluargaan untuk menyelesaikan persoalan ini. (m marzuki)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: