Libur, Lonjakan Diprediksi Meningkat 40%

PALEMBANG (SI) – Memasuki masa libungan sekolah yang sudah dimulai minggu ini, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Provinsi memprediksi lonjakan penumpang capai 40% dari biasaya.

Untuk itulah, guna mengantisipasi lonjakan tersebut pihaknya siap mengoperasikan 10% mobil cadangan dan penambahan kereta untuk semua jurusan. Tetapi, khusus untuk angkutan udara dipastikan harga akan tinggi mengingat jumlah penumpang akan meningkat dan tidak lagi berlaku tarif low price tetapi tarif normal.

“Kan setiap armada angkutan baik itu milik BUMN, TNI/Polri, Perusahaan dan lainnya memiliki kendaraan cadangan mencapai 10%. Jadi, pada saat terjadi lonjakan maka kendaraan cadangan tersebut akan dioperasikan,” ujar Kabid LLAJ dan Perkeretaapian Dishubkominfo Sumsel Nofri Dalimunthe, di Palembang, kemarin.

Adanya lonjakan penumpang ini akan berpengaruh terhadap beberapa hal seperti terjadi kenaikan harga tiket seperti pada jasa penerbangan, yang akan menerapkan tarif normal bukan tarif low price. Begitu juga dengan kendaraan angkutan darat seperti bus dan kereta api.

“Memang sudah biasa pada waktu liburan terjadi lonjakan dari biasanya. Hal ini juga berpengaruh terhadap harga tiket dan lainnya,” ujar dia.

Kemudian, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan pada musim libur di Kota Palembang pihaknya bekerjasama dengan Dishub Kota Palembang juga melakukan penutupan dibeberapa putaran jalan atau U-Turn seperti di depan Korem Garuda Dempo KM 5 dan didepan rumah sakit Mirya Punti Kayu. Dimana, jalur tersebut merupakan daerah rawan macet dari 21 titik U-Turn disepanjang Fly Over ke Simpang Tanjung Api-api.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Provinsi Sumsel Sarimuda mengatakan, Sumsel sudah memasuki waktu libur panjang anak sekolah, namun waktu libur tersebut tidak seragam. Bagi anak-anak sekolah swasta sudah mulai libur hari Sabtu kemarin, bagi yang sekolah negeri akan libur pada Minggu yang akan datang. Dari sekarang sudah terlihat lonjakan meskipun belum banyak.

“Jadi, ada perbedaan waktu satu minggu, dan pada prinsipnya angkutan penumpang untuk libur sekolah ini, baik darat seperti angkutan bus umum, kereta api, angkutan laut dan angkutan udara, siap melaksanakan dan melayani masyarakat. Jadi, jika terjadi kepadatan maka kita siap menambah armada baru,” tukas dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Jalan dan Rel Dihub Kota Palembang Agus Suprianto mengatakan, memang pihaknya telah melakukan penutupan terhadap beberapa titik jalur putar arah atau U-Turn disepanjang Simpang Polda hingga ke Simpang TAA yang rawan. Dimana, dititik yang ditutup tersebut kerap menyebabkan kemacetan sehingga dilakukan penutupan untuk sementara.

“Disepanjang jalur tersebut terdapat 21 U-Turn. Dari titik-titik putar tersebut terdapat daerah yang rawan macet seperti didaerah Km 5 dan didepan Punti Kayu. Namun, suatu saat penutupan tersebut bisa kembali dibuka karena sifatnya sementara,” ujar dia. (yayan darwansah)

1 Komentar »

  1. Ryo4life Said:

    Liburan …. Kunjungi juga http://distributor4life.co.cc/ semoga ada hal yang bermanfaat…


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: