Pembukaan dan Penutupan SEA Games di Sumsel

Opening and Closing Ceremony SEA Games di Sumsel

PALEMBANG (SI) – Hal yang ditunggu-tunggu dan diperjuangkan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin terjawab sudah. Pasalnya, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menetapkan Sumsel sebagai tuan rumah pembukaan (opening) dan penutupan (closing) ceremony SEA Games ke XXVI, 2011 mendatang.

Kepastian tersebut terungkap setelah SBY mendengarkan paparan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin bersama tiga gubernur lainnya yakni Gubernur DKI Jakarta, Jawa Timur dan Jawa Barat. Dimana, dari pemaparan tersebut hanya Sumsel yang paling siap. Kemudian, dari empat daerah yang rencananya akan menjadi tuan rumah ditunjuk Presiden hanya dua daerah yakni Provinsi Sumsel dan DKI Jakarta.
Pemaparan yang berlangsung sekitar 1,5 jam, dari pukul 10.30-12.00 WIB dalam rapat terbatas Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid II tersebut juga dihadiri perwakilan 11 Negera peserta. Hadir pula dalam acara itu, Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora) Andi Malarangeng, Menteri BUMN Musafa Abubakar, Menteri Pariwisata Jero Wacik, Menteri Perhubungan Fredy Numberi, Menteri PU Djoko Kirmanto, dan Ketua Umum KONI Rita Subowo.

Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora) Andi Alfian Malarangen mengatakan, setelah mendengar pemaparan persiapan Sumsel dalam menghadapi SEA Games 2011 mendatang dihadapan Presiden, maka Presiden menetetapkan pembukaan dan penutupan SEA Games XXVI di Palembang Sumsel. Dimana, hal tersebut didukung atas keseriusan Sumsel untuk menjadi tuan rumah seperti telah dibangunnya venues untuk beberapa tangkai cabang olahraga (cabor) dikawasan Jakabaring.

“Atas laporang Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, Pak SBY sangat apresiasi. Dimana, untuk pembangunan venues sebagian besar tanpa APBN ataupun APBD tetapi dari pihak ketiga dengan pola BOT. Untuk itulah, Presiden menetapkan bahwa pembukaan dan penutupan SEA Games XXVI 2011 mendatang berada di Sumsel. Pasalnya, dari empat daerah yang melakukan pemaparan hanya Sumsel yang paling siap,” ujar Andi, saat melakukan telekomfren dengan sejumlah media di Pemprov Sumsel, kemarin.

Andi mengatakan, untuk mendukung suksesnya pelaksanaan SEA Games di Sumsel mendatang, Presiden juga telah memerintahkan menteri guna membantu Sumsel dari semua bidang seperti Menteri BUMN, Menteri PU, Menter Pariwisata, Menteri Perhubungan dan Menegpora. Dengan begitu, pada pelaksanaan SEA Games tersebut diharapkan para tamu dari 11 Negara dapat terkesima atas suksesnya pelaksanaan SEA Games di Sumsel.

Kemudian, ditetapkannya Sumsel dan DKI Jakarta sebagai tuan rumah SEA Games, menurut Andi, juga disebabkan 11 Negara peserta berkeberatan jika pelaksanaan SEA Games dilakukan di empat daerah. Untuk itulah, kedepan Presiden memerintahkan Wakil Presiden Budiono untuk memimpin rapat penentuan cabor yang akan dilaksanakan didua daerah tersebut.

“Presiden telah mendapatkan laporan atas keberatannya negara peserta SEA Games jika pelaksanaan SEA Games dilakukan diempat daerah. Untuk itulah, sudah ditetapkan bahwa Sumsel dan DKI sebagai tuan rumah,” kata dia.

Dia menambahkan, karena kepastian siapa tuan rumah SEA Games ini sudah dipastikan, pihaknya berharap segala sesuatu mengenai SEA Games untuk dapat diselesaikan dengan cepat seperti maskot, souvenir, lokasi venues dan lainnya. Dengan begitu, diharapkan tidak ada lagi masalah pada pelaksanaan SEA Games.

Sementara itu, Ketua KONI Pusat Rita Subowo mengatakan, pelaksanaan SEA Games 2011 harus berjalan lancar dan sukses. Apalagi seluruh negara ASEAN akan hadir dalam pertandingan spektakuler tersebut.

“Kita sangat mengharapkan kepada Sumatera Selatan agar bisa menyukseskan acara pembukaan dan penutupan SEA Games 2011 ini. Pasalnya, pembukaan dan penutupan Ini adalah pertaruhan kita sebagai tuan rumah,” tegas dia.

Kemudian untuk cabang olahraga, Rita menjelaskan, akan dilaksanakan didua tempat yakni Sumsel dan DKI Jakarta. Akan tetapi, untuk keputusan cabor apa saja yang akan dilaksanakan didua daerah tersebut akan dilakukan pembahasan lebih lanjut yang dipimpin Wapres Budiono mendatang.

“Memang yang idealnya SEA Games ini dilakukan disatu tempat. Akan tetapi, agar lebih optimal maka kita laksanakan didua tempat. Apalagi, didua daerah tersebut sudah memiliki beberapa venues yang mendukung dilaksanakannya SEA Games didaerah tersebut,” kata dia.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin menambahkan, pihaknya sangat optimis bisa menyelenggarakan cabor di venues yang ada di Sumatera Selatan. Pasalnya, dari 24 cabor yang akan dilaksanakan di Sumsel 11 venues akan dibangun baru dengan sistem BOT tanpa menggunakan APBD. Namun, ada juga venues yang didapat dari proses hibah dan sumbangan pihak luar.

“Kita yakni semua cabor untuk SEA Games bisa diperlombakan di Sumsel. Dimana, saat ini sudah 30% pembangunan cabor dikawasan Jakabaring telah dilakukan pembangunan. Dimana, pendanaan hampir seluruhnya dari pihak ketiga. Dana Rp1,6 triliun itu berasal dari BOT, investasi, dan hibah. Selain itu, kita juga akan bangun rumah atlet yang besar untuk menampung para atlet,” tukasnya.

Alex menambahkan, beberapa cabor yang rencananya akan dipertandingkan di Sumsel antara lain sepak bola, renang, aquatik, dayung, menembak, angkat berat, bowling, senam, ski air, polo air, dan gulat.

“Yang pasti kita siap menyelenggarakan semua cabor. Insya Allah semua pihak bisa memberikan dukungan, karena itu juga kita minta dukungan rekan-rekan media untuk ikut ambil bagian menyukseskan acara akbar ini,” ungkap Alex seraya menambahkan, dirinya mengucapkan terima kasih atas doa dan dukungan warga Sumsel sehingga mimpi Sumsel untuk menjadi tuan rumah SEA Games XXVI tahun 2011 mendatang sudah terwujud. Tidak hanya itu, presiden juga mempercayakan Palembang sebagai tempat penyelenggaraan upaya pembukaan dan penutupan SEA Games sehingga sudah dapat dipastikan akan banyak tamu yang datang ke Sumsel. (yayan darwansah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: