Penerimaan CPNS Formasi 2010 Digelar September

Pemprov Terima 157 CPNS

PALEMBANG (SI) – September 2010 mendatang 15 Kabupaten/Kota yang ada di Sumsel akan menerima Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru sesuai dengan kekosongan formasi yang ada didaerah masing-masing. Dimana, pada penerimaan CPNS tersebut Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel akan menerima sedikitnya 157 CPNS untuk menggantikan PNS yang pensiun dan pindah tugas.

Kepala BKD Provinsi Sumsel H Muzakir mengatakan, saat ini berkas penerimaan CPNS untuk formasi 2010 tersebut telah diberikan kepada Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan) untuk disetujui. Jika, semua formasi yang ada diterima maka dipastikan pada September mendatang pihaknya akan melakukan seleksi penerimaan CPNS untuk formasi 2010.

“Untuk formasi 2010 ini masih berada di Menpan, kalau sudah turun maka September kita akan melakukan seleksi penerimaan CPNS baru,” ujar Muzakir, usai rapat paripurna di DPRD Provinsi Sumsel, kemarin.

Dia mengatakan, untuk tes CPNS tersebut sama seperti yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya yakni melalui empat tahap. Dimana, dari sekian banyak peserta yang mendaftar akan disaring pada setiap tahap seperti tes administrasi, tertulis, kesehatan dan wawancara. “Tes akan kita lakukan empat tahap. Dimana, dengan proses penyaringan yang ketat tersebut diharapkan akan didapat pegawai yang sesuai dan memiliki SDM yang handal untuk mendukung kinerja pemerintahan,” tukas dia.

Sebenarnya, menurut Muzakir, untuk penerimaan CPNS formasi Pemprov Sumsel tersebut masih sangat minim yakni hanya mencapai 157 CPNS. Sementara, pada 2010 ini terdapat 350 PNS yang pensiun, apalagi ditambah ada PNS yang pindah tugas sehingga menyebabkan ada formasi yang kosong. “Penerimaan ini sebenarnya masih sangat minim, tetapi hal ini bisa bertambah atau berkurang tergantung dari keputusan Menpan,” tukas dia.

Kemudian dalam penerimaan PNS tersebut pihaknya membuka formasi untuk jurusan Hukum, Akuntansi, Teknis Sipil dan lainnya. Sementara untuk atlet juga ada, tetapi kuota tergantung dari Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora). “Untuk kuota atlet ini ada, tetapi kuota tersebut berasal dari pusat sehingga langsung diserahkan kepada daerah,” jelas Muzakir.

Dia menambahkan, sementara untuk penerimaan CPNS bagi daerah yang ada di Sumsel, formasinya diserahkan kepada daerah masing-masing. Pasalnya, daerah yang mengetahui berapa formasi yang dibutuhan untuk mengisi kekosongan. “Jumlah untuk daerah kita tidak dapat mengetahuinya. Sebab, formasi tersebut tergantung dari kebutuhan daerah masing-masing. Tetapi, yang pasti saat ini semua usulan formasi masih berada di Menpan,” bebernya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, untuk 2010 Pemprov Sumsel akan menerima sedikitnya 157 CPNS yang akan memenuhi formasi yang kosong. Sebab, adanya kekosongan formasi tersebut disebabkan pada 2010 ini terdapat 350 PNS yang pensiun. Untuk itulah, terdapat beberapa kekosongan formasi dibeberapa bidang.

“Tahun ini kita akan menerima 157 orang CPNS untuk mengisi kekosongan formasi di Pemprov Sumsel ini. Sebab, pada 2010 terdapat 350 PNS pensiun dan pindah tugas. Jadi, silahkan mendaftar dan bersaing ketat agar dapat lulus pada penerimaan CPNS formasi 2010 ini,” kata Alex.

Ditegaskannya, pada penerimaan CPNS ini pihaknya tidak ingin main-main sehingga proses penerimaan dilakukan dengan ketat. Sebab, pihaknya menginginkan CPNS yang didapat adalah mereka yang benar-benar berkompeten sehingga apa yang harus dikerjakan dapat terselesaikan dengan baik.

“Jangan coba-coba bermain pada penerimaan CPNS ini. Apalagi, dengan melakukan kecurangan seperti KKN. Saya ingin penerimaan ini bersih dan dilangsungkan secara ketat dengan empat tahap seleksi. Dengan begitu, CPNS yang lulus adalah mereka yang diharapkan,” tegasnya. (yayan darwansah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: