Tarif Asrama Haji dan Swarna Dwipa Naik 20%

Bulan Depan, Tarif Asrama Haji dan Swarna Dwipa Naik 20%

PALEMBANG (SI) – Naiknya tarif dasar listrik (TDL) oleh PLN sejak 1 Juli lalu sangat berdampak pada semua sektor. Tak terkecuali untuk Asrama Haji Palembang dan hotel Swarna Dwipa. Untuk itulah, PD Swarna Dwipa yang mengelolah kedua aset Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel tersebut akan menaikan tarif sebesar 20% mulai Agustus mendatang.

Direktur Utama PD Swarna Dwipa Augie Bunyamin mengatakan, tentu saja kenaikan tarif dasar listrik ini sangat berdampak pada biaya yang dikeluarkan pihaknya. Dimana, untuk pembayaran biaya beban listrik hotel Swarna Dwipa setiap bulannya pihaknya akan mengeluarkan dana mencapai Rp70 juta perbulan. Begitu juga dengan Asrama Haji yang juga mencapai Rp80 juta perbulan. Bayangkan berapa banyak dana yang dikeluarkan yang disebabkan dengan kenaikan TDL.

“Setiap bulan kita selalu mengeluarkan dana besar untuk bayar beban listrik. Jadi, ketika TDL ini naik mau tidak mau kita juga akan menaikan tarif sebesar 20% mulai bulan depan,” ujar Augie, di Palembang, kemarin.

Kenaikan tarif untuk Asrama Haji dan hotel Swarna Dwipa, menurut Augie, akan dilakukan pihaknya setelah adanya evaluasi untuk bulan Juli. Dengan begitu, sektor apa saja yang akan dinaikkan tarifnya. Akan tetapi, pihaknya tidak akan menaikkan tarif kamar baik untuk Asrama Haji dan hotel Swarna Dwipa terkecuali bagi 12 hotel yang sudah direhab.

“Untuk kenaikan tarif ini bukan untuk kamar, hal tersebut sangat tidak mungkin terkecuali bagi 12 kamar yang sudah direhab. Akan tetapi, kenaikan ini untuk makanan yang kerap kita jual baik itu di Asrma Haji maupun di hotel Swarna Dwipa,” katanya.

Augie mengatakan, jika kondisi Asrama Haji ataupun hotel Swarna Dwipa penuh bisa saja beban yang dikeluarkan untuk listrik setiap bulannya tinggi. Jadi, tidaklah mungkin dengan kenaikan TDL ini tidak diimbangi dengan naiknya tarif. Jika tidak maka bisa dipastikan pihaknya akan merugi.

“Sebenarnya kita tidak ingin menaikkan tarif. Akan tetapi, karena TDL naik maka terpaksa kita ikut menaikan tarif. Jika tidak bisa dipastikan kita akan merugi,” bebernya.

Kemudian, untuk Asrma Haji pada tahun ini pihaknya akan memasang aliran listrik untuk tiga gedung. Namun, dari ketiga gedung yang ada hanya ada satu yang siap dipakai pada musim haji kali ini yakni gedung B. Untuk itulah, pihaknya berharap gedung tersebut dapat segera dipakai dan aliran listrik yang ada cepat dipasang.

“Memang untuk mengatasi tinggi jumlah Calon Jemaah Haji (CJH) baik itu berangkat dan pulang kita membangun tiga gedung lagi yakni gedung A, B dan C. Tetapi, dari tiga gedung yang ada baru gedung B yang siap pakai. Itu juga harus menunggu aliran listrik dipasang. Akan tetapi, kita berharap pada musim haji ini semua sudah bisa digunakan,” ungkap dia.

Selain itu, guna meningkatkan target penghasilan hotel Swarna Dwipa yang mencapai Rp900 juta, pihaknya juga telah melakukan berbagai renovasi seperti 12 kamar dari 68 unit kamar, outdoor kafe, kolam renang, lokasi fitness, dapur dan lainnya. Akibatnya, terget triwulan pertama terhadap target pencapaian bersih PAD mencapai Rp900 juta sudah melampaui mencapai 20%. Dimana, pencapaian target tersebut didukung dengan banyaknya acara wedding, ivent, penjualan dari makanan, kamar dan lainnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin mengatakan, untuk mengoperasikan tiga gedung baru pada musim haji tahun ini dan mendatang, pihaknya telah mengalokasikan dana mencapai Rp2,8 miliar lebih untuk listrik asrma haji gedung A,B dan C. Dengan begitu, diharapkan tidak ada kata Asrama Haji over kapasitas.

“Kita telah menganggarkan dana Rp2,8 miliar untuk listrik gedung baru yang ada di Asrama Haji ini. diharapkan, dengan adanya aliran listrik ketiga gedung tersebut dapat segera beroperasi untuk menampung CJH asal Sumserl yang mencapai 6.300 orang,” tukasnya. (yayan darwansah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: