Tas Staf Menteri Hilang, Dokumen Negara Lenyap

Terjadi di Hotel Sahid Imara

PALEMBANG (SI) – Tas milik staf Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Republik Indonesia bernama Iim Ibrahim, raib digondol maling saat menginap di Hotel Sahid Imara Palembang . Akibatnya, laptop merk Fujitec, satu unit kamera Olympus, hard disk eksternal Hitachi, tiket pesawat Garuda Palembang-Jakarta, uang sebesar Rp 500.000 lenyap. Gawatnya lagi, sekitar 300 dokumen penting tentang Amdal Industri di Indonesia tahun 2009-2010 milik Kementerian KLH ikut raib.

Peristiwa itu terjadi Selasa (22/6) sekitar pukul 08.15 WIB, saat korban yang bekerja sebagai Kepala Sub Bidang Evaluasi dan Pengembangan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) RI itu menikmati sarapan di lantai dasae hotel yang terletak di Jalan Jendral Sudirman Palembang tersebut.

Menurut Iim, tas miliknya yang diletakkan di kursi ruang makan itu hilang sekejap saat dirinya sedang mengambil sarapan pagi. “Tidak sampai dua menit saya mengambil makanan. Tahu-tahu sudah hilang. Sepertinya memang telah diincar. Jika di hotel berbintang di Jakarta tidak pernah kejadian seperti ini dan biasa tas tersebut saya letakkan dikursi saat sedang mengambil makanan. Tetapi kok di hotel ini bisa hilang,” sesal Iim yang ditemui di Hotel Sahid Imara kemarin.

Menurut Iim, aksi pencuri tersebut berhasil terekam oleh CCTV yang terpasang di sejumlah sudut Hotel Sahid Imara. Berdasarkan CCTV tersebut terungkap bahwa pelaku pencurian mengenakan seragam putih hitam layaknya seorang pegawai hotel.

“ Terekam dalam CCTV pelakunya membawa tas keluar hotel dan memberikan tas kepada dua orang yang mengendarai sepeda motor,”ungkap Iim yang mengatakan kedatangannya ke Sumsel dalam rangka melakukan evaluasi Amdal PT Pusri dan PT Semen Baturaja.
Ibrahim yang menginap di kamar 601 ini mengaku kecewa dengan pelayanan hotel Sahid Imara yang tidak memuaskan. Bahkan, dirinya telah melapor tetapi pihak hotel terlihat tidak menanggapi “Sampai saat ini saya belum dihubungi kembali, saya juga menganggap pihak hotel sangat lambat dalam menangangi masalah ini,” keluhnya.

“Saya tidak begitu melihat besar kecil kerugian atas kehilangan tersebut. Akan tetapi, yang membuatnya kesal adalah berkas dan dokumen-dokumen negara penting hilang karena tidak amannya pengamanan di hotel. Apalagi, hotel tersebut merupakan salah satu hotel bintang. Hotel berbintang kok bisa gini” protesnya

Ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan, pihak menejemen Hotel Sahid Imara tidak mau berkomentar dengan alasan manejer hotel lagi keluar. ““Semua pejabat hotel tidak ada di tempat, silahkan menunggu,” ujar salah seorang resepsionis bernama Ika.

Namun sayangnya, sekitar satu jam menunggu tidak ada upaya menejemen Hotel Sahid Imara untuk menjelaskan kasus tersebut. Demikian pula ketika dihubungi ,ponsel Sekretaris GM Sahid Imara, Erina Pasaribu Nomor 07118356200 tidak diangkat.

Kapolsek IT I AKP Ari Mujiono membenarkan kejadian hilangnya tas staf kementerian Lingkungan Hidup di hotel Sahid Imara tersebut. Dia mengatakan, pihaknya sudah mengidentifikasi pelaku karena terekam di CCTV hotel. “Kita telah mendapatkan ciri-ciri pelaku karena terekam di CCTV hotel. Pelaku beraksi dua orang dengan menggunakan baju putih dan celana hitam. Pelaku sedang kita identifikasi ,” ujarnya. (yayan darwansah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: