Pagaralam-Linggau Tuan Rumah Destinasi MICE

PALEMBANG (SI) – Selain Kota Palembang,Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumsel juga telah mempersiapkan Kota Pagaralam dan Lubuklinggau sebagai kawasan destinasi meeting,incentive, convention,and exhibition/events (MICE) di Sumsel.

Kepala Disbudpar Sumsel H Jhonson mengatakan, dua daerah tersebut diharapkan dapat melengkapi semua infrastruktur pendukung dilaksanakannya MICE di daerah tersebut. “Kita terus mengupayakan Sumsel menjadi salah satu destinasi unggulan MICE di Indonesia. Untuk itu,kita masih memerlukan lebih banyak fasilitas pendukung untuk mewujudkan hal tersebut. Karena selain Palembang, kita juga telah mempersiapkan Kota Pagaralam dan Lubuk Linggau menjadi destinasi MICE Sumsel,” ujar Jhonson seusai pembukaan pembekalan MICE, di Hotel Duta Palembang,kemarin.

Perkembangan wisata MICE selaku pendukung PAD di Sumsel saat ini cukup signifikan. Hal ini terlihat beberapa kali pertemuan skala nasional dilakukan di Sumsel seperti Muktamar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), peringatan HPN dan Porwanas,Muktamar IPHI,dan Rakornas,dan rakernas lainnya. Namun, tingginya event MICE di Sumsel ini terkadang pihaknya kesulitan mencari tempat. Untuk itu, ke depan pihaknya akan menyiapkan dua daerah untuk tujuan MICE di Sumsel dengan syarat semua infrastruktur lengkap,seperti hotel dan auditorium. “Banyak yang ingin mengadakan MICE di Sumsel.Namun, kita masih membutuhkan fasilitas-fasilitas pendukung untuk sarana prasarana MICE.

Meski sejauh ini di hotel-hotel dalam skala kecil memiliki ruang rapat atau ballroom yang siap disewakan, hanya belum banyak yang memadai.Saya yakin ke depan industri MICE akan lebih menggeliat lagi,seiring dengan peningkatan profesionalisme kalangan birokrat dan praktisi bisnis kita. Untuk itulah, kita mengundang semua pihak untuk mengikuti pembekalan MICE ini,”sebutnya. Pihaknya optimis jika fasilitas Sriwijaya Convention Center di Jakabaring dapat selesai sebelum SEA Games 2011, kunjungan MICE di Sumsel akan lebih meningkat. Sehingga,Sriwijaya International Expo 2011 dan event MICE yang lebih besar lainnya dapat dilaksanakan di sana.

Bahkan nanti pihaknya berani membawa ASEAN Tourism Forum ke Sumsel untuk melakukan pertemuan. “MICE memang telah berkembang di Indonesia, di Bali fasilitas penunjang MICE cukup lengkap, juga di Jakarta seperti di Jakarta Convention Center (JCC).Tapi,pemerintah berkomitmen tidak hanya di Jakarta,Bali,dan Yogyakarta sebagai tujuan utama MICE, tapi juga Sumsel,”tandas dia. Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan SDM Kemenbudpar RI Hamdan Rivai mengatakan, terjadi peningkatan wisatawan ke Indonesia sebesar 0,3% di 2009 lalu atau sekitar 6,4 juta wisatawan dari kunjungan MICE. Sementara untuk kunjungan lain mengalami penurunan.

Untuk itu, MICE juga merupakan program untuk meningkatkan kunjungan wisata di Indonesia dan Sumsel. “Untuk lebih meningkatkan lagi jumlah kunjungan ke Indonesia salah satunya melalui wisata MICE yang perlu dikembangkan. Kita juga harus meningkatkan pelayanan agar bisa menarik wisatawan, karena dalam bisnis pariwisata pelayanan merupakan yang utama, sementara kualitas SDM pemberi pelayanan juga harus cukup,”tukas dia. (yayan darwansah)

1 Komentar »

  1. Sekedar Berbagi Info buat temen2…

    Wah andai website saya bisa punya 1000 pengunjung tiap hari……hehehe

    Tapi Ndak usah khawatir jangankan 1000 Pengunjung, 5000 Pengunjung/hari juga bisa…hehehe

    Nih saya punya Trik Mujarabnya, Monggo di Baca di sini :

    http://www.kangociem.com/2010/08/trik-gila-5000-pengunjunghari-dan.html

    Semoga Bermanfaat khususnya untuk Blogger Indonesia, Tetap semangat menjadi Blogger Indonesia jangan menyerah karena Blog tidak ada Pengunjungnya..Hehehe

    Terimaksih, Happy Blogwalking….


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: